Jumat, 03 Desember 2010

Baruga Karaeng Ujung Loe

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua... Sebelumnya saya pribadi memohon maaf yang sebesar-besarnya kalau dalam pembuatan dan pengelolaan Blog ini terdapat beberapa hal yang kurang berkenan.....
Blog ini kami hadirkan semata-mata untuk memberikan informasi tentang beberapa data yang kami dapatkan secara turun temurun dari orang tua dan kakek-nenek kami....

Kami menyadari bahwa mungkin data yang kami berikan masih banyak kekurangan, olehnya itu kami mohon kepada para Keluarga, Sahabat dan para pengunjung Blog ini, yang mempunyai data-data fakta kiranya dapat berbagi.... Mari kita sama-sama Menelisik Fakta Sejarah tentang Kerajaan Ujung Loe di masa lalu....

Terima kasih atas perhatian dan masukannya

Wassalam,

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita ttg Kerajaan Ujungloe mmg banyak versi yg saya dengar ketika saya mulai coba sedikit menelusurinya... dan itu membuat saya akhirnya kembali tetap pada literatur cerita turun temurun dari keturunan Karaeng Ujungloe....
      Hehehe..., maaf, bahkan saya pernah secara tdk sengaja seorang tua yg mengaku ayahnya pernah menjadi jennang di ...... (kota bulukumba) mengatakan bahwa di Ujungloe itu tdk ada Arung/Karaeng...., mereka sgt bersemangat bercerita banyak hal ttg Ujungloe..... saya hanya tersenyum ketika ia mungkin tdk sadar justru mereka menyebut beberapa nama dgn Puang dan Karaeng.... Dia akhirnya mengalihkan ceritanya ketika saya mengatakan bahwa orang yg mereka maksudkan tadi itu adalah kakek saya.......
      Tapi kalo yg Bapak Andi Matta tuliskan ini saya baru dengar....., krn yg saya tahu di wilayah ujungloe saat itu belum berbentuk kerajaan, yg ada hanya Gallarang di PAlangisang, Sullewatang di Garanta, jennang Lembang......., sehingga cukup muda orang-orang Bone kemudian mempersatukannya menjadi wilayah Kerajaan dan diangkatlah I Mattuppuang Petta Kelo menjadi Karaeng....,. (maksudnya Tdk dgn peperangan).... Trus secara emosional kekerabatan justru Karaeng Ujungloe sangat dekat dgn Karaeng Gattareng yg juga sesama orang Bone....
      Dan kalo yg dimaksud adalah alm. H. Burhan Ali, SH, itu saya cukup kenal, krn dia teman sekanak-kanak dgn orangtua saya..... tapi kalo boleh tahu ayahnya di desa mana..., kalo tdk salah dulu itu di ujungloe ada Desa Dannuang, Desa Garanta, Palangisang......
      Terima kasih atas share ttg ujungloe....

      Hapus
  2. Maksud saya diatas Puang Kr I Manrurusan Dessilasa Berkuasa Di awal Abad Ke 17 di Kerajaan ujung lohe/uj. Loe. Sedangkan ayahnya berkuasa di abad ke16 di tugondeng ,karassing,Hero langnge-2 pa'langisan,kajang dan daerah lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar andi matta. Karaeng yg pertama di kec herlang namanya karaeng matinroa ri tugondeng letaknya di desa tugondeng kec herlang

      Hapus
  3. Asswarb muda2han kita bisa bertemu dan berbincang2.....pak salam kenal.
    the ujung loe story.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, boleh...., Insya Allah saya pulang ke Ujung loe hari Minggu 4 Januari 2015 s.d Jumat 9 Januari 2015)...rumah orangtua saya disekitar depan SMP 10 Ujungloe.......
      wassalam,
      Andi Patoppoi

      Hapus